Ini dia 6 Tips Merawat Sepatu di musim hujan

merawat sepatu saat musim hujan

Musim hujan telah tiba, untuk kamu yang memiliki aktivitas padat, tentu saja musim hujan ini menjadi tantangan tersendiri. Musim hujan membuat sepatu mudah basah dan sulit kering. Karena biasanya sulit sekali mendapatkan sinar matahari.

Selain itu sepatu yang kamu biarkan dalam keadaan basah untuk jangka waktu yang lama (1 -2 hari) akan merusak sepatu tersebut. Terlebih lagi jika basah dikarenakan air hujan. Sepatu akan menimbulkan bau, lem pada sepatu menjadi renggang, berjamur dan warna sepatu menjadi pudar.

Tapi jangan khawatir, pada artikel ini kita akan membahas tips bagaimana merawat sepatu dimusim penghujan.

Segera membersihkan sepatu setelah dipakai

Jangan biarkan kotoran seperti lumpur dan debu berlama-lama berada pada sepatu kamu karena bisa bahaya. Sebaikanya bersihkan sepatu kamu setelah selesai dipakai. Cukup bersihkan bagian yang terlihat kotor dengan tisu basah atau dengan spons. Lalu kemudian taruh sepatu di ruangan yang kering. Jangan biasakan menyimpan sepatu dalam keadaan kotor.

Selalu siapkan tisu basah dan kering didalam tas kamu, saat bepergian dimusim hujan

Ini sangat penting. Ketika sepatu kamu terkena air hujan atau cipratan lumpur, kamu bisa segera membersihkannya saat itu juga. Jadi tak perlu menunggu sampai ke rumah untuk membersihkan sepatu.

Saat mencuci sepatu, gunakan air hangat yang dicampur dengan detergen

Campurkan detergen ke dalam air hangat, gunakan sikat halus untuk membersihkan sepatu dari lumpur, kamu bisa hanya menyikatnya saja jika sepatu kamu tidak benar-benar kotor. Atau kamu bisa memasukkan sepatu ke dalam air hangat yang dicampur dengan air hangat lalu cuci seperti biasanya. Tapi sebelum itu sebaiknya kamu pisahkan dulu tali sepatu dan alasnya.

Untuk mempercepat pengeringan, Kamu bisa menggunakan koran bekas atau sejenisnya

Koran bekas, kertas atau sejenisnya, memiliki daya serap cairan yang lumayan tinggi. Kamu bisa menggunakannya untuk membantu agar sepatu kamu cepat kering setelah dibersihkan dengan air hangat pada langkah sebelumnya.

Caranya, buat gumpalan kertas koran berbentuk bola, tapi jangan terlalu padat, kemudian masukkan ke dalam sepatu lalu taruh sepatu dengan posisi bagian telapak kakinya menghadap ke atas atau miring, agar air di dalam sepatu cepat mengalir dan terserap oleh koran bekas tadi.

Ini sangat berguna saat matahari tidak kunjung muncul, namun setelah matahari kembali bersinar, kamu bisa mengeluarkan koran bekas tadi dan jemur sepatu kamu seperti biasanya agar bagian dalam sepatu tidak lembab.

Bila perlu, kamu bisa menggunakan lapisan anti air pada bagian permukaan sepatu

Kamu tau bagian permukaan daun talas saat terkena air akan seperti apa ? Nah dengan menggunakan spray anti air, sepatu kamu kurang lebihnya akan seperti itu. Jadi aman deh terhadap air. Jika masih kurang kamu bisa menggunakan jas hujan sepatu saat bepergian menggunakan sepeda motor.

Sediakan kaos kaki cadangan, untuk berjaga-jaga jika kaos kaki basah

Jika dalam satu minggu, kamu biasanya menyediakan 4 pasang kaos kaki, namun saat musim penghujan, usahakan tambah jumlahnya, tujuannya adalah untuk cadangan, apabila kaos kaki kamu belum kering.

Itu dia 5 tips bagaimana merawat sepatu kesayangan kamu selama musim hujan. Bagaimana sedikit repot ya ? Namun kamu harus ingat, sepatu yang selalu dalam keadaan kering dan bersih, akan menjadikan sepatu kamu awet. Selain itu dapat menambah rasa percaya diri. Kesehatan kaki juga terjaga, karena jika sepatu selalu dalam keadaan kering dan terawat, perkembangan bakteri pada kaki dapat dicegah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *